4 Makanan Khas China Dengan Citarasa Lidah Orang Indonesia

Tipscantikan.com – Negara China atau sering juga disebut dengan tiongkok adalah nama dari sebuah negara terluas ketiga, dan menjadi negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Ketika membahas tentang negara China, pasti yang langsung terpikir oleh kebanyakan orang Indonesia adalah produknya . Memang banyak sekali produk produk yang dijual di Indonesia yang merupakan hasil produksi dari negara China mulai dari mainan anak anak, barang barang elektronik, hingga makanan khas china. 

Kreativitas orang orang China tidak perlu diragukan lagi, beragam inovasi bar uterus dikembangkan di negara tersebut. Dalam hal makanan saja, beragam makanan khas China juga tidak perlu diragukan lagi citarasanya. Banyak sekali resep makanan yang dibawa langsung dari China lalu dikembangkan, dan dicocokkan langsung dengan citarasa lidah Indonesia. 

Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir lagi jika ingin mencicipi Chinese food, karena rasanya itu sudah disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia. Berikut dibawah ini rekomendasi 4 makanan khas China dengan citarasa lidah orang Indonesia, diantaranya yaitu :

1. Jian Bing

Jian Bing merupakan makanan sejenis crepes atau kebab yang biasanya dimakan sebagai menu sarapan. Di China sendiri, biasanya Jian Bing dijajakan di street food. Chinese food ini menggunakan bahan dasar berupa adonan tepung gandum dan jangung, yang dimasak menggunakan wajan rata, bersama dengan telur atau daging, daun ketumbar, juga bumbu lainnya. Kemudian disajikan dalam bentuk gulungan dan biasanya diberi saus pedas berwarna cokelat. Rasa makanan China ini gurih serta rendah kalori juga merupakan kombinasi sempurna antara karbohidrat dan protein. Di Indonesia, Jian Bing dijual mulai dari harga Rp. 20 ribu per porsi. 

2. Dimsum

Sesuai dengan namanya, Dimsum merupakan hidangan khas China yang jenisnya beragam mulai dari siomay, hakau, mantau, hingga bakpao. Dimsum sangat cocok dijadikan menu sarapan karena bentuknya yang kecil, apalagi ditemani dengan secangkir teh hangat. Biasanya Chinese food ini disajikan dalam wadah kukusan bambu supaya tetap hangat. Selain itu juga dimsum dibuat dengan beragam warna, rasa, aroma, kualitas bahan dasarnya, serta jenis masakannya. 

Dimsum dibagi menjadi empat jenis yaitu dimsum kukus, dimsum goreng, dimsum manis, dan dimsum ceker. Rasanya gurih dan lezat, biasanya disajikan dengan cocolan. Di Indonesia, harga dimsum berkisar mulai dari Rp. 3 ribu per biji. 

Baca Juga : Wajib Tahu! Resep Kue Kekinian Terbaru

3. Lun Pia

Lun Pia atau juga dikenal dengan nama lumpia merupakan salah satu jajanan tradisional khas China. Lun Pia terbuat dari bahan tepung gandum yang berbentuk lembaran tipis yang dijadikan sebagai pembungkus, lalu diberi isian biasanya berupa telur, daging, sayuran, makanan hasil laut, ataupun rebung, bahkan ada juga yang mengisinya dengan makanan manis. 

Chinese food ini memiliki tekstur renyah dan gurih atau manis tergantung pada jenis isiannya. Dan biasanya dalam menikmati Lun Pia ini ditambahkan cocolan dan nasi supaya semakin nikmat. Di Indonesia, biasanya Lun Pia dijual mulai dari harga Rp. 10 ribu per porsi. 

4. Yu Seng

Yu Seng atau Yee Sang merupakan makanan khas China berupa salad ikan segar yang ditambah irisan sayuran seperti wortel dan lobak. Umumnya, ikan yang digunakan adalah ikan tuna atau ikan salem yang diolah dengan cara direndam dalam campuran minyak goreng, minyak wijen, juga merica. 

Saus yang digunakannya juga khas yaitu saus yang dibuat dari campuran minyak, buah prem, bubuk kayu manis, juga gula pasir. Yusheng memiliki rasa yang khas, gurih, dan lezat. Di Indonesia, harganya mulai dari Rp. 30 ribu per porsi. 

itulah beberapa ulasan terkait makanan khas china yang disukai oleh orang indonesia, bahkan diantaranya menjadi santapan wajib kaum millenial lho saat gabut.

Baca Juga: 5 Resep Soto Ayam Enak, Gurih dan Segar Khas Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *