Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami dengan Bahan Dapur

Tipscantikan.com – Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang selalu menjadi pusat perhatian apalagi untuk kaum hawa. Mereka selalu menggunakan kosmetik atau skin care untuk perawatan wajah.

Akan tetapi tidak semua orang bisa langsung mengatasi berbagai permasalahan pada wajahnya seperti jerawat, kulit kusam, dan flek hitam.

Pastinya permasalahan tersebut sangat mengganggu dan membuat menjadi tidak percaya diri saat bertemu orang lain.

Dalam permasalahan flek hitam pada wajah, banyak wanita yang mengeluhkan. Flek hitam merupakan bercak atau bintik berwarna hitam kecil yang jumlahnya banyak karena disebabkan oleh pigemntasi kulit secara berlebihan.

Istilah flek hitam dalam dunia medis adalah ephelis. Sebetulnya ada beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya flek hitam seperti faktor genetic, bekas jerawat, polusi, ketidak cocokan kosmetik dan paparan sinar matahari.

Banyak wanita yang menutupi flek hitam pada wajah dengan menggunakan foundation yang mengandung SPF. Akan tetapi apakah kamu akan selalu menggunakan foundation terus menerus untuk menutupi flek hitam?

Untuk itu kami akan berikan tips dan cara menghilangkan flek hitam secara alami. Penasaran kan apa saja? Yuk simak penjelasannya!

1. Putih telur

Bahan alami pertama yang ampuh menghilangkan flek hitam pada wajah adalah putih telur. Putih telur tidak hanya dipercaya menghilangkan bekas jerawat saja, namun mampu menghilangkan flek hitam pada wajah.

Caranya yaitu sangat mudah cukup pisahkan putih telur dari kuning telur lalu oleskan putih telur kepada wajah yang ada flek hitam.

Diamkan selama 15 menit lalu kamu bisa membilasnya dengan air bersih atau pencuci wajah. Jika kamu tidak suka dengan bau amis pada telur, gunakan madu atau jeruk nipis agar wangi amis menghilang.

2. Madu

Bahan alami kedua yaitu madu. Madu merupakan bahan alami yang sangat populer dan banyak digunakan untuk kecantikan wajah.

Cara penggunaan madu untuk menghilangkan flek hitam pada wajah sangat gampang yaitu gunakan madu sebagai masker wajah lalu diamkan selama 30 menit.

Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Jika kamu rutin menggunakannya, maka akan sangat membantu untuk membersihkan wajahmu dari flek hitam.

3. Lidah buaya

Bahan alami selanjutnya yaitu lidah buaya. Pasti kamu sudah tahu kan manfaat dari lidah buaya ini. Banyak produsen yang menggunakan lidah buaya sebagai obat untuk kecantikan wajah.

Lidah buaya mengandung polisakarida yang memiliki khasiat untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Cara penggunaan lidah buaya sangat mudah yaitu potong bagian sisi lidah buaya lalu ambil gelnya.

Oleskan gel tersebut ke flek hitam yang ada di wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih dengan air. Lakukan dengan rutin dan wajah kamu bakal bersih dari flek hitam.

Baca juga: Bagaimana Sih Cara Merawat Rambut Rusak? Ini Dia Jawabannya

4. Kentang

Bahan alami selanjutnya yaitu kentang. Kentang berkhasiat untuk menjadikan wajah lebih cerah. Tidak hanya itu saja, kentang mampu menghilangkan flek hitam di wajah.

Cara penggunaanya yaitu dengan potong tipis kentang lalu letakan potongan kentang tersebut pada area yang terdapat flek hitam. Diamkan selama 20 menit lalu cuci muka dengan air bersih.

5. Kunyit

Bahan terakhir yaitu kunyit. Salah satu rempah untuk masakan ini banyak digunakan untuk perawatan wajah. Sebab kunyit mampu mengatasi kerusakan kulit akibat radikal bebas dan mengurangi pigmentasi kulit sehingga mampu menghilangkan flek hitam pada wajah secara cepat.

Cara menggunakannya yaitu siapkan kunyit bubuk lalu ambil 2 sendok makan kunyit dan tambahkan sedikit susu. Aduk hingga merata dan oleskan pada flek hitam di wajah.

Diamkan beberapa menit dan bersihkan dengan air hingga bersih. Penggunaan rutin akan cepat menghilangkan flek hitam pada wajah.

Itulah beberapa cara menghilangkan flek hitam secara alami dengan bahan alami. Gunakan secara rutin agar flek hitam di wajahmu bisa menghilang. Terima kasih.

Baca juga: 5 Manfaat Masker Kopi untuk Wajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *