4 Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami yang Ampuh

Tipscantikan.com – Flek hitam adalah bercak coklat datar atau bercak gelap yang biasanya muncul di wajah. Meski tidak berbahaya, munculnya flek hitam bisa mengganggu penampilan. Kabar baiknya adalah Anda dapat mengikuti cara menghilangkan flek hitam di wajah berikut ini, baik secara alami maupun melalui tindakan dokter.

Flek hitam atau flek pada wajah disebabkan oleh bekas jerawat mulai dari paparan sinar matahari hingga perubahan hormonal. Bintik hitam di wajah umumnya tidak berbahaya atau menyakitkan.

Terkadang, bintik hitam tertentu di wajah yang dianggap membandel sebenarnya tidak permanen bagi sebagian orang. Jika Anda bisa menghindari paparan sinar matahari, Anda bisa mengurangi kemungkinan munculnya flek hitam di wajah Anda.

Secara umum, flek hitam akibat paparan sinar matahari bisa meningkat seiring bertambahnya usia. Selain itu flek hitam yang disebabkan oleh faktor genetik dapat memudar seiring bertambahnya usia. Namun pada sebagian orang munculnya flek hitam pada wajah yang membandel dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang mengganggu penampilan. 

Bagi Anda yang risih dengan munculnya flek hitam bekas jerawat, tak ada salahnya mengandalkan bahan alami di rumah sebagai cara menghilangkannya yang membandel di wajah Anda. 

Jika Anda ragu, coba konsultasikan dengan dokter kulit sebelum digunakan. Apalagi bagi Anda yang memiliki kulit sensitif atau beberapa penyakit kulit. Adapun beberapa cara menghilangkan flek hitam di rumah secara alami adalah sebagai berikut.

Beberapa Cara Menghilangkan Flek Hitam

1. Air Lemon

Salah satu cara menghilangkan flek hitam secara alami adalah melalui jus lemon. Vitamin C dalam air lemon dapat membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit anda. Cara menghilangkan flek hitam secara alami dengan air jeruk nipis sangat mudah dilakukan.

 Anda bisa membasahi kapas dengan sedikit jus lemon lalu mengusapkannya secara merata ke seluruh wajah. Lalu bilas wajah Anda.

2. Madu

Cara menghilangkan flek hitam secara alami dengan madu. Madu kaya akan kandungan antioksidan yang baik untuk kulit. Hal itu dapat mencerahkan kulit terutama untuk bekas jerawat.

Madu bisa dioleskan langsung ke kulit dalam lapisan tipis. Diamkan selama 5-10 menit dan bilas air hangat. Kandungan madu dapat membantu mengatasi masalah pigmentasi kulit. 

Anda juga bisa membuat lulur dengan campuran madu dan garam atau gula pasir. Lulur wajah ini juga bagus untuk mengangkat sel kulit mati.

Baca Juga : Cara Yang Tepat Dalam Membuat Wajah Selalu Kinclong

3. Lidah Buaya

Anda secara alami bisa menghilangkan flek hitam di wajah dengan gel lidah buaya di rumah. Manfaat lidah buaya dikatakan mengandung senyawa aloin dan asam salisilat yang dapat menghilangkan flek hitam di wajah secara alami.

Untuk menggunakannya, Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya langsung dari tanaman ke permukaan wajah yang memiliki flek hitam sebelum tidur dan bilas keesokan paginya. Anda bisa mengikuti langkah ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

4. Cuka Apel

Manfaat cuka sari apel wajah juga bisa menjadi pilihan cara alami untuk menghilangkannya di wajah Anda. Cuka sari apel mengandung asam asetat, yang menurut penelitian dapat mencerahkan dan meratakan warna kulit. Untuk melakukan ini, Anda bisa mencampurkan beberapa tetes cuka sari apel dan air dalam mangkuk kecil.

Setelah itu hanya oleskan pada area kulit yang terdapat flek hitam atau bekas jerawat. Diamkan selama 2-3 menit. Lalu bilas wajah Anda dengan air hangat.

Begitulah Tips yang mungkin bisa membantu kamu, Yuk Ikuti cara menghilangkan flek hitam alami ini dua kali sehari untuk hasil yang optimal !.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *