Bagaimana Sih Cara Merawat Rambut Rusak? Ini Dia Jawabannya

Tipscantikan.com – Selain wajah, rambut juta merupakan salah satu bagian tubuh yang tidak kalah pentingnya dalam urusan penampilan seseorang.

Dengan demikian, maka tak heran pula jika memiliki rambut yang sehat itu menjadi dambaan bagi kita semua.

Namun, ada beberapa faktor yang bisa membuat rambut kita menjadi rusak, seperti sering terkena sinar matahari, polusi, jarang keramas, atau bahkan penggunaan shampoo yang tidak cocok.

Hasilnya rambut pun menjadi kering, kusam, kasar, hingga rontok. Nah, bagi kamu yang memiliki masalah kerusakan rambut, berikut di bawah ini ada beberapa cara merawat rambut rusak secara alami yang sangat ampuh.

1. Menggunakan Madu

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa madu memiliki segudang manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Ya, salah satunya adalah untuk rambut, yang dapat melembutkan rambut, menebalkan rambut, hingga menjaga kelembapan rambut.

Lantas, bagaimana cara menggunakannya? Pertama-tama, keramas dulu rambutmu, lalu oleskan madunya dan diamkan beberapa saat. Jika sudah demikian, silahkan bilas lagi rambutmu dengan air hangat sampai bersih.

2. Menggunakan Buah Pisang

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal pada buah yang memiliki rasa manis dan bertekstur lembut ini? Ya, selain enak dikonsumsi, buah pisang juga kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin yang dapat menjaga kelembutan rambut, mencegah kerusakan rambut, hingga mencegah rambut yang kusam.

Mengenai cara penggunaannya, siapkan 1 buah pisang, kupas kulitnya, tumbuk sampai halus, dan sisihkan kedalam mangkuk.

Aplikasikan pisang yang sudah lembut tadi ke permukaan rambut, diamkan sekitar 15 menitan, kemudian bilas kembali rambutmu dengan air sampai bersih.

Baca juga: Cara Melembapkan dan Menghaluskan Kulit Wajah

3. Menggunakan Buah Alpukat

Selain buah pisang, buah alpukat juga bisa kamu manfaatkan untuk memelihara kesehatan rambut lho. Dengan menggunakan masker buah alpukat, maka rambutmu akan menjadi lembut dan terhindar dari masalah rambut rontok.

Adapun mengenai cara penggunaannya, siapkan 1 buah alpukat yang sudah matang, keruk bagian dagingnya, sisihkan kedalam mangkuk, lalu lumatkan hingga halus.

Oleskan masker buah alpukat tersebut pada rambutmu secara merata, diamkan selama 10 menit, kemudian bilas lagi rambutmu dengan air sampai bersih.

Agar hasilnya lebih maksimal, gunakan masker alpukat ini secara rutin dan teratur, atau minimalnya 3 kali dalam seminggu.

4. Menggunakan Minyak Jarak

Minyak jarak adalah solusi paling tepat bagi kamu yang ingin mengatasi masalah rambut secara alami. Pasalnya, minyak yang satu ini dapat membuat rambut menjadi lebih kuat, lembut, dan mengkilap.

Mengenai caranya, siapkan minyak jarak sebanyak 100 mL, hangatkan, lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat perlahan.

Setelah itu, rapikan rambutmu, tutupi dengan cup shower atau handuk, dan diamkan selama 30 menit. Jika sudah demikian, buka lagi penutupnya, dan bilas kembali rambutmu dengan air dan shampoo sampai bersih.

5. Minyak Zaitun

Cara alami berikutnya yang bisa kamu coba untuk merawat rambut rusak, yakni dengan menggunakan minyak zaitun.

Oleskan minyak zaitun tersebut ke rambut secara merata, diamkan selama 10 menit, kemudian bilas kembali rambutmu dengan air dan shampoo sampai bersih.

Dengan menggunakan minyak zaitun secara rutin, maka kesehatan rambutmu akan senantiasa terjaga.

Seperti itulah cara merawat rambut rusak secara alami. Nah, agar hasilnya lebih maksimal, lakukan tips tersebut secara rutin setelah mandi atau minimalnya 3 kali dalam seminggu.

Baca juga: Model Batik Wanita yang Banyak Digemari di Kalangan Millenial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *