7 Cara Meningkatkan Kesuburan Pria yang Bisa Anda Coba

TipsCantikan.com – Walaupun yang namanya kesuburan pada pria itu tidak selalu bisa diobati, namun Anda tetap bisa berusaha untuk meningkatkannya dengan berbagai cara. Cara meningkatkan kesuburan pria bisa dimulai dari mengonsumsi suplemen, melakukan diet, menerapkan gaya hidup yang sehat, dan lain sebagainya. 

Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

Perlu diketahui bahwa kesuburan ini mengacu pada kemampuan seseorang untuk bereproduksi dengan cara yang alami. Dengan ketidaksuburan pada pria, sehingga membuat pasangan/istrinya sulit untuk hamil. Biasanya hal ini terjadi karena terjadi masalah pada kualitas sperma.  Untuk lebih jelasnya, berikut adalah aspek seksual dan kualitas cairan sperma yang bisa mempengaruhui kesuburan pria:

  • Libido, yakni dorongan seks
  • Disfungsi ereksi/impotensi, adalah sebuah kondisi dimana penis pada pria tidak mampu atau mempertahankan ereksi.
  • Jumlah sperma, yakni terkait dengan kualitas air sperma berupa jumlah/konsentrasinya dalam jumlah tertentu. 
  • Motilitas sperma, yakni fungsi sperma yang berhubungan dengan kesehatan dan kemampuannya untuk mecapai dan membuahi sel telur wanita.
  • Kadar testosteron, yakni hormon seks yang memperngaruhi kesuburan pria. 

Lalu bagaimana cara meningkatkan kesuburan pria ini? Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas seputar cara meningkatkan kesuburan pria. Simak selanjutnya di bawah ini ya.

1. Hindari Minum Kafein Dan Alkohol Yang Berlebihan

Sebaiknya Anda hanya mengonsumsi 3 cangkir minuman berkafein setiap harinya. Karena kopi, minuman bersoda, dan minuman berenergi bisa menigkatkan resiko terjadinya keguguran. Sedangkan untuk alkohol sebaiknya dikonsumsi kurang dari 4 botol perminggunya, dan lebih baik lagi kalau tidak mengkonsumsinya sama sekali. Karena menurut penelitian, alkohol ini bisa menurunkan jumlah sperma yang keluar saat ejakulasi. Untuk itu sebaiknya anda menghindari minuman yang berkafein serta beralkohol tersebut.

2. Perbanyak Mengkonsumsi Suplemen

Selain menjaga asupan makanan untuk menjaga kesehatan sperma, Anda juga bisa memperbanyak mengonsumsi suplemen harian yang bisa memperbaiki kualitas sperma anda. Dan sebaiknya suplemen yang dikonsumsi itu harus mengandung vitamin C dan ekstrak akar ashwagandha yang berfungsi untuk meningkatkan produksi dan pergerakan sperma, vitamin D yang berfungsi untuk merangsang produksi testosteron, dan coenzym Q10 yang berfungsi untuk memperbaiki kualitas sperma. 

3. Olahraga Yang Rutin dan Teratur

Dengan melakukan olahraga yang teratur dan rutin, dipercaya bisa meningkatkan produksi serta mutu sperma. Anda bisa mencobanya dengan olahraga yang ringan saja, seperti jalan kaki 20 menit, push up, dan beraktivitas lainnya di luar ruangan. Dan anda sebaiknya menghindari olahraga yang berintensitas tinggi karena hal tersebut bisa berisiko menurunkan kualitas air mani.

4. Mengonsumsi Vitamin C

Perlu diketahui bahwa stres oksidatif bisa menyebabkan intertilitas pada kaum pria. Bahkan hal ini didukung oleh hasil dari beberapa penelitian para ahli yang menunjukkan bawah dengan asupan suplemen antioksidan ,seperti vitamin C bisa meningkatkan kesuburan pria. 

5. Suplemen Fenugrek

Supelemen fenugrek ini terbukti dapat meningkatkan kadar testosteron secara signifikan. Bahkan beberapa ilmuwan menunjukkan bahwa suplemen fenugrek ini mampu meningkatkan aktivitas seksual dan libido. 

6. Asupan Ashwagandha

Ashawagandha ini merupakan sebuah ramuan obat yang dipercaya mampu meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan kesuburan pada pria. Dalam hal ini, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa ashawagandha ini dapat meningkatkan jumlah sperma, motilitas sperma, kadar testosteron, dan status antioksidan.

7. Supleman Akar Maca

Cara meningkatkan kesuburan pria yang terakhir adalah dengan mengonsumsi suplemen akar maca. Di mana suplemen akar maca ini diklaim mampu meningkatkan libido, dan kesuburan serta kinerja seksual pria. 

Itulah beberapa cara meningkatkan kesuburan pria yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kualitas sperma dan kesuburan alat vital Anda. Yuk mulai perhatikan pola hidup Anda lagi mulai dari sekarang!

Baca juga: Inilah Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *