Cara Menghitung Kebutuhan Kalori yang Benar

Advertisements
Kalkulator Kalori, Ketahui Fungsi dan Cara Menghitungnya - Alodokter
Sumber: Alodokter

Mengatur asupan nutrisi yang tepat adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu aspek penting dari asupan nutrisi adalah kalori. Untuk mengetahui berapa banyak kalori yang dibutuhkan tubuh, Anda harus menghitung kebutuhan kalori Anda. Cara menghitung kebutuhan kalori untuk menjaga kesehatan tubuh akan dibahas dalam artikel ini.

Berikut pengertian dan cara menghitung kalori yang benar!

Pengertian Kebutuhan Kalori

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Harian & Cara Memenuhinya!
Sumber: family.abbott

Kebutuhan kalori adalah jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan dan berfungsi dengan baik. Setiap orang berbeda-beda, tergantung pada berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, aktivitas fisik, dan jenis makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, penting untuk menghitung dan mengetahui kebutuhan kalori Anda secara teratur untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan jumlah yang tepat.

Cara Menghitung Kalori

  1. Menggunakan rumus Basal Metabolic Rate (BMR)
Basal Metabolic Rate Calculator (BMR) - Medika Life : Medika Resource
Sumber: Medika Life

Menggunakan rumus yang disebut Basal Metabolic Rate (BMR). BMR adalah jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik tanpa aktivitas fisik. Rumus ini menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga suhu tubuh, mengatur detak jantung, dan melakukan fungsi tubuh lainnya. Setelah menghitung BMR Anda, Anda dapat menambahkan jumlah kalori yang dibutuhkan untuk aktivitas fisik yang Anda lakukan setiap hari untuk mendapatkan jumlah kalori yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Advertisements

2. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

6 Pilihan Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Setiap Hari - Alodokter
Sumber: Alodokter

Selain menghitung BMR Anda, Anda juga harus memastikan bahwa Anda mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Makanan sehat dan bergizi juga dapat membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat. Dengan mengikuti diet sehat dan menghitung kebutuhan kalori Anda secara teratur, Anda dapat memastikan bahwa Anda mendapatkan jumlah kalori yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Baca juga: 4 Resep Camilan Sehat Untuk Diet

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *