Penting! Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Sebagai seorang ibu ketika sedang mengandung buah hati pasti akan memperhatikan kesehatan dengan banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi. Selama masa kehamilan, janin memerlukan asupan makanan yang sehat dan bernutrisi agar kelak ketika lahir, bayi dalam keadaan sehat dan tumbuh kembangnya maksimal. Berbagai makanan yang disarankan seperti buah dan sayuran wajib ibu hamil konsumsi karena kedua makanan tersebut kaya akan nutrisi. Contohnya buah naga, buah ini mengandung kaya akan vitamin C dan antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk buah hati.

Ada beberapa manfaat ketika ibu mengkonsumsi buah naga saat masa kehamilan. Penasaran kan manfaat apa saja? yuk simak informasinya tentang manfaat buah naga khusus untuk ibu hamil dibawah ini!

1. Penambah energi

Manfaat pertama yaitu penambah energi. Ibu hamil memerlukan energy ekstra karena ketika hamil biasanya seorang ibu merasakan lelah karena merasakan berat saat mengandung. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi buah naga, ibu hamil akan selalu bersemangat dan tidak mudah lelah karena buah naga mengandung karbohidrat yang mampu menambah asupan energy tambahan.

2. Sumber lemak sehat

Manfaat selanjutnya yaitu sebagai sumber lemak sehat. buah naga tidak hanya meningkatkan energy sang ibu, lemak sehat dibutuhkan oleh janin karena sebagai pembentukan dan perkembangan otak selama didalam kandungan. 

3. Mencegah diabetes

Manfaat selanjutnya yaitu mencegah diabetes. Ketika masa kehamilan, ibu hamil selalu ingin memakan makanan yang manis-manis. namun banyaknya mengkonsumsi makanan yang manis akan beresiko diabetes. Buah naga memiliki serat yang mampu membuat perut kenyang lebih lama sehingga ibu hamil perlu mengkonsumsi buah naga ini. selain itu juga, buah naga dapat menjaga kesehatan jantung baik ibu dan buah hati.

4. Membantu kontraksi otot

Manfaat selanjutnya dari buah naga yaitu membantu kontraksi otot karena buah naga mengandung kalsium. Kalsium tidak hanya baik untuk membentuk tulang serta gigi namun mampu membantu kontraksi otot yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

5. Sumber asam omega-3 dan -6

Manfaat selanjutnya yaitu sebagai sumber asam omega 3 dan 6. Ibu hamil perlu mengkonsumsi kedua nutrisi tersebut karena sangat baik untuk pertumbuhan bayi didalam kandungan. Seperti yang kita tahu asam lemak omega 3 kaya akan manfaat seperti membantu perkembangan otak sehingga janin berpotensi lahir sehat dan cerdas. Asam lemak omega 3 jugalah yang dapat mencegah ibu hamil mengalami depresi. Kualitas air susu bahkan nantinya juga didapati semakin meningkat berkat nutrisi ini.

Asam omega 6 juga baik untuk kesehatan jantung. Sehingga baik untuk perkembangan jantung si bayi. kedua kandungan nutrisi ini bisa ibu temukan pada produk susu khusus ibu hamil karena manfaat yang dihasilkan sangat dibutuhkan oleh seorang ibu hamil.

6. Meringankan gangguan pernafasan

Manfaat selanjutnya yaitu meringankan gangguan pernafasan. Manfaat ini diperantarai oleh asam lemak omega 3 dan 6, meskipun belum jelas diketahui mekanismenya. Yang jelas buah naga mampu meringankan gangguan pernafasan ketika ibu merasakan sesak saat kehamilan.

7. Membantu memaksimalkan penyerapan protein

Manfaat selanjutnya yaitu membantu memaksimalkan penyerapan protein karena buah naga mengandung vitamin b1 yang memiliki fungsi untuk penyerapan protein dalam tubuh khususnya janin agar perkembangan didalam kandungan menjadi optimal.

8. Menghidrasi

Manfaat selanjutnya yaitu menghidrasi ibu hamil agar tidak kekurangan cairan. Buah naga memilki tektur yang berair sehingga dengan mengkonsumsi buah naga seorang ibu asupan cairannya akan selalu terpenuhi disamping banyak meminum air putih.

Itulah beberapa manfaat yang dihasilkan buah naga ketika seorang ibu hamil mengkonsumsinya. 

Baca juga: Tips Parenting Yang Baik Untuk Orang Tua Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *