Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri yang Harus Anda Waspadai

Mungkin dari anda ada yang pernah atau bahkan sering mengalami sakit pinggang sebelah kiri. Dengan sakit pinggang ini, tentunya bisa mengganggu segala aktivitas anda, dan membuat anda merasa tidak nyaman.  Nah, untuk itu dalam tulisan kali ini akan mengupas tentang penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang harus diwaspadai sebagai berikut :

  1. Cedera

Perlu anda ketahui bahwa rusaknya otot pada area pinggang sebelah kiri akibat cedera, bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri. Cedera otot ini bisa diakibatkan oleh karena terkena benda tumpul atau jatuh. Memang cedera pada otot ini bukanlah hal yang sangat serius, namun tetap harus ditangani secara medis sedini mungkin untuk mencegah kondisi yang lebih parah yang tentunya bisa mengganggu segala aktivitas anda sehari-hari.

  1. Batu Ginjal

Bagi anda yang mengalami sakit pinggang sebelah kiri, kemungkinan itu disebabkan oleh adanya penyakit batu ginjal. Letak ginjal, berada di dekat pinggang sebelah kanan dan sebelah kiri. Sehingga, jika adanya batu ginjal akan secara otomatis dapat menimbulkan rasa sakit pada pinggang salah satunya seperti sakit pinggang kiri dan jika batu ginjal terdapat di ginjal di sebelah kiri. Selain itu juga, batu ginjal merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh adanya banyak kandungan kimia yang ada di air kencing (urine) seperti kalsium, asam urat, hingga struvite.

sakit pinggang sebelah kiri

  1. Otot Tegang

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri lainnya adalah otot tegang. Namun penyebab yang satu ini tidak berbahaya dan sifatnya ringan. Dimana otot yang tegang tersebut biasanya bisa menyebabkan serat otot robek walaupun hanya sebagian. Jadi, otot tersebut akan mengalami peradangan, lalu menimbulkan efek nyeri atau sakit. Dalam hal ini biasanya otot lumbar menjadi salah satu otot yang sering mengalami ketegangan, sehingga bisa membuat pinggang sebelah kiri menjadi terasa sakit dan nyeri.

  1. Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal juga bisa menjadi penyebab pinggang kiri sakit, jika ginjal yang terinfeksi adalah ginjal sebelah kiri. Biasanya infeksi ginjal ini diawali dengan rasa sakit di area kandung kemih yang kemudian menjalar hingga ke bagian pinggang. Selain bisa menyebabkan rasa sakit pada pinggang sebelah kiri, infeksi ginjal juga bisa mengakibatkan penderitanya mengalami demam, anyang-anyangan, dan mual disertai muntah. Jika anda merasakan gejala seperti ini, maka sebaiknya anda segera pergi ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

  1. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

IBS atau yang dikenal dengan sebutan sindrom usus ini merupakan kondisi dimana usus mengalami iritasi yang disebabkan oleh kontraksi yang tidak teratur. Rasa sakit pinggang sebelah kiri, bisa disebabkan oleh IBS ini. Selain itu, IBS ini juga bisa menyebabkan gejala lainnya seperti sakit kepala, nyeri perut, dan perut kembung.

Mungkin itu saja ulasan yang bisa disampaikan kali ini, semoga ada guna dan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *