Tips Selama Kehamilan Trimester Kedua

tipscantikan.com – Mendapatkan kabar gembira berupa kehamilan tentu membuat pasangan yang baru menikah akan merasa sangat senang. Terutama jika baru mengalami hal ini untuk pertama kalinya. Biasanya pasangan akan berusaha untuk mempersiapkan yang terbaik. Terutama dari sisi seorang ibu yang mengandung bayi selama 9 bulan lamanya. Bisa jadi ada banyak keluhan yang kurang menyenangkan selama masa kehamilan. Termasuk saat kehamilan memasuki trimester kedua. Nah, jika ingin mengurangi rasa yang tidak nyaman ini, berikut beberapa tips selama kehamilan trimester kedua yang bisa diterapkan.

Banyak Minum Air Putih

Pertama-tama sangat penting supaya ibu hamil mengkonsumsi lebih banyak air dibandingkan biasanya. Karena dalam kondisi kehamilan trimester kedua, ibu hamil akan merasa lebih cepat dehidrasi akibat mulai cepat lelah dan dehidrasi. Maka dari itu sebaiknya konsumsi air putih minimal 2 liter sehari. Selain membantu mencegah dehidrasi juga membantu membuat kulit ibu tetap sehat dan berseri. 

Konsumsi Vitamin Tambahan

Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi vitamin tambahan yang penting untuk pertumbuhan janin. Pada masa trimester kedua ini janin akan mulai menyerap banyak vitamin dan mineral termasuk kalsium pada tubuh ibu. Maka dari itu sebisa mungkin konsumsi vitamin dengan kandungan kalsium yang tinggi. Jika memungkinkan tambahkan pula vitamin D dan seringlah berjemur di bawah sinar matahari. Supaya kondisi tubuh tetap prima dan tidak mudah merasa lelah atau sakit.

Baca Juga: Penting! Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Perhatikan Asupan Makanan

Perhatikan juga asupan makanan yang dipilih. Karena di trimester kedua maka janin akan berupaya menyerap nutrisi yang jauh lebih besar untuk mendukung pertumbuhannya. Maka dari itu usahakan untuk selalu mengkonsumsi semua jenis makanan secara lengkap. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan segelas susu jika memungkinkan. Dengan demikian tubuh ibu tetap segar dan bertenaga namun di sisi lain janin tetap bertumbuh maksimal di dalam perut ibu.

Hindari Goncangan dan Tekanan Di Perut

Saat memasuki trimester kedua umumnya kondisi janin sang ibu sudah mulai membesar. Sehingga menambah beban di perut ibu sekaligus memberikan beban pada otot-otot perut. Kondisi ini sering kali berbahaya tanpa disadari. Maka dari itu hindari goncangan maupun tekanan berlebih di perut. Hindari mengangkat barang yang berat supaya tidak memberikan sensasi kram pada perut. Selain itu usahakan tidak menggoncang perut terlalu kencang. Maka dari itu hindari jenis olahraga yang melelahkan dan perbanyak senam untuk mengatur pernapasan. 

Lakukan Perawatan Tubuh

Tidak ketinggalan pula pada saat memasuki trimester kedua ini sebaiknya ibu semakin memperhatikan kondisi badan dan kulit. Pastinya payudara dan perut akan mulai membesar sehingga sangat penting menjaga elastisitas kulit yang ada di sekitarnya. Sebaiknya mulai gunakan krim yang membantu meningkatkan elastisitas kulit secara maksimal. Lakukan saat pagi dan malam hari supaya kulit tidak meregang dan menimbulkan stretch mark saat usia kehamilan makin tinggi nanti. Jangan lupa memilih krim dengan kandungan yang aman bagi ibu hamil. Supaya tidak terserap dalam darah dan memberikan resiko bagi janin.

Itulah beberapa tips selama kehamilan trimester kedua yang dapat dilakukan oleh ibu hamil. Sebaiknya lakukan saja satu demi satu seluruh tips yang disarankan di atas. Sehingga pertumbuhan janin lebih maksimal dan ibu hamil juga tetap dalam kondisi kesehatan yang prima. Dengan demikian kehamilan berjalan lancar dan mampu tiba hingga hari persalinan tanpa kurang satu apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *