Beragam Peralatan Steril Untuk Bayi Baru Lahir

tipscantikan.com – Memiliki anak adalah idaman untuk sebagian orang. Dalam penantian menuju kelahiran, biasanya orang tua akan sibuk untuk mempersiapkan segala kebutuhan bayi seperti tempat tidur, baju dan juga popok. Tetapi, banyak orang tua yang lupa untuk membeli peralatan steril bayi. Sesuai namanya, fungsi dari alat-alat steril ini adalah untuk menjaga kehigienisan barang yang digunakan oleh bayi. Ada berbagai macam alat yang Anda butuhkan, seperti:

  1. Beragam alat steril 

Segala sesuatu yang akan bersentuhan dengan bayi haruslah steril. Untuk itu, ada beberapa produk dan alat yang tergolong dalam peralatan sterilisasi. Mulai dari kain kasa, tisu kering, tisu basah, kapas steril dan alkohol 70%. Apa saja fungsi dari masing-masing produk tersebut?

Kain kasa dan kapas steril memiliki fungsi untuk merawat luka di bagian tali pusar bayi. Setelah lahir, Anda tentu melihat sisa tali pusar di perut bayi. Anda bisa membersihkannya dengan kain kasa dan kapas steril. Setelah itu ada 2 jenis tisu. Anda memerlukan tisu-tisu ini saat membersihkan kotoran bayi. Tisu basah sangat praktis untuk digunakan dan bisa dibawa selama berpergian. 

  1. Botol susu 

Meskipun tidak termasuk dalam alat sterilisasi, botol susu termasuk dalam jenis perlengkapan yang perlu disterilkan. Fungsi dari botol susu ini adalah untuk menyimpan ASI yang sudah dipompa. Anda perlu memberikan label kapan ASI tersebut dipompa. Bila sedang berpergian, botol susu ini akan sangat memudahkan Anda. Berhati-hatilah dalam membersihkan botol susu, karena perlengkapan ini akan langsung digunakan di mulut bayi. Pastikan tidak ada kotoran atau benda asing yang menempel disana. 

Bagaimana cara mengetahui botol susu yang baik? Anda perlu membeli jenis botol susu yang bertuliskan BPA free. Biasanya, tulisan ini tertera di bagian bawah botol. Ada dua jenis botol susu yang bisa Anda pilih. Yang pertama adalah botol kaca dan kedua adalah botol plastik. 

Baca Juga : Tips Parenting Yang Baik Untuk Orang Tua Baru

  1. Pembersih botol susu 

Bagian pembuka dari botol susu memiliki lubang yang cukup kecil, sehingga Anda mungkin kesulitan saat membersihkannya. Agar Anda tidak merasa sulit, Anda perlu untuk membeli pembersih botol susu. Fungsi dari alat ini tentu sudah terlihat jelas, yakni untuk mensterilkan botol sebelum digunakan kembali. 

Ada dua jenis pembersih botol yang wajib Anda beli, yaitu yang memiliki sikat kecil panjang halus dan yang berupa spons. Bagian dalam botol akan dibersihkan menggunakan sikat kecil yang panjang, sementara bagian luarnya akan dibersihkan dengan spons. Gunakan sabun pencuci khusus untuk peralatan steril bayi agar lebih aman digunakannya. 

Agar lebih steril, setelah Anda mencucinya, letakkan botol susu di rebusan air mendidih. Air mendidih akan mampu menghilangkan bakteri, virus dan kuman yang mungkin masih tersisa di dinding botol. Apakah botol akan leleh? Tidak, karena kandungan kimia dalam botol BPA Free sudah diatur agar tidak meleleh. 

  1. Alat sterilisasi otomatis

Bila Anda merasa terlalu sibuk untuk melakukan hal-hal diatas, Anda bisa membeli alat sterilisasi otomatis. Setelah perlengkapan dicuci dengan sabun, Anda bisa memasukkannya ke dalam sterilisasi otomatis. Produk ini akan berbunyi bila botol sudah bersih dan steril. Setelah selesai, Anda bisa menggunakannya kembali. Sangat praktis bukan?

Itu dia alat-alat steril yang perlu Anda beli untuk menyambut kelahiran bayi. perlatan steril bayi ini akan selalu berguna, terutama bila Anda adalah ibu bekerja yang menyimpan ASI untuk anak. Selamat menanti kehadiran sang buah hati. 

Baca Juga : 5 Perlengkapan Mandi Untuk Bayi Baru Lahir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *