Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi dengan Benar

Tipscantikan.com – Dimusim hujan seperti sekarang ini, bayi ibu rentan mengalami batuk dan pilek. Yang membuat repot, si kecil tidak bisa mengeluarkan dahaknya sendiri, misalnya mereka tidak bisa berdahak atau buang ingus.

Si kecil tentunya membutuhkan bantuan ibu untuk bisa membersihkan saluran pernapasannya. Dahak merupakan lendir yang dikeluarkan tubuh manusia atas reaksi adanya gangguan pada saluran pernapasan atas.

Munculnya dahak pada bayi adalah saat mereka mengalami pilek atau flu atau karena mengalami masalah alergi pada saluran napas atasnya.

Adanya dahak pada bayi ini tidak hanya akan menganggu pernapasannya saja tetapi juga bisa menghambat proses menelan ASI.

Nantinya bayi akan menjadi rewel karena si kecil merasa tidak nyaman karena tidak bisa mengeluarkan dahaknya sendiri.

Oleh karena itu ibu harus membantunya untuk mengeluarkan dahak. Lalu bagaimana cara mengeluarkan dahak pada bayi yang benar?

Berikut dibawah ini cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan benar diantaranya yaitu:

1. Menggunakan Alat Penyedot Khusus

Alat khusus penyedot dahak ini terbuat dari bahan karet yang lentur dan banyak dijual di apotek apotek. Alat khusus ini bisa didapatkan dengan berbagai ukuran dan fitur, tetapi yang biasanya digunakan yang berbentuk standar.

Cara penggunaannya adalah:

  • Melakukan pada mulut terlebih dahulu dengan cara menempatkan ujung alat penyedot dahak tersebut kedalam rongga mulut bayi.
  • Jika dahak bayi kental, cobalah teteskan 2 hingga 3 larutan air garam atau larutan salin siap pakai kedalam hidung bayi sebelum ujung alat penyedot dahak tersebut dimasukkan kedalam hidung si kecil.
  • Pegang ujung balon alat penyedot dahak tersebut dengan jari telunjuk dan juga jari tengah. Lalu keluarkan terlebih dahulu udara dalam balon tersebut.
  • Kemudian secara perlahan masukkan ujung alat penyedot kedalam mulut atau hidung lalu lepaskan ibu jari yang sebelumnya menekan dasar balon untuk mengeluarkan udara, sehingga akan tersedotnya dahak dari dalam mulut ataupun lender dari hidung si kecil.
  • Jika balon alat penghisap dahaknya tidak kembali mengembang, biasanya adanya dahak atau lendir kental yang menyumbat ujung alat tersebut.
  • Buanglah dahak yang tersedot alat dengan menekan balon alat penyedot lalu bersihkan hingga semua dahaknya itu keluar dari balon.

Baca juga: Ini Dia Rekomendasi Merk Susu Bayi Terbaik di Indonesia

2. Memanfaatkan Uap Air Panas

Uap air panas ini akan bekerja seperti metode penguapan dengan nebulizer. Tetapi uap air panas pastinya lebih alami dan tidak menggunakan obat kimia. Berikut cara mudah melakukannya:

  • Menyediakan baskom lalu isi air hangat, atau bisa juga dengan mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih ataupun tidak.
  • Letakkan baskom tersebut didekat bayi sehingga dirinya bisa menghirup uap yang dihasilkan dari air hangat dalam baskom tersebut.
  • Cobalah bayi diposisikan dalam keadaan tengkurap dengan posisi kepalanya yang lebih rendah daripada tubuhnya.
  • Ibu bisa menepuk nepuk punggungnya untuk membantu si kecil bisa mendorong dahak pada saluran
  • pernapasannya. Sehingga dahaknya bisa menjadi lebih encer dan akan lebih mudah dikeluarkan.
  • 3. Jemur Dibawah Matahari

Saat si kecil saluran pernapasannya tidak lancar karena dahak, maka jemurkan. Pasalnya sinar hangat matahari mulai dari jam 08.00 hingga 09.00 sehat untuk membantu pernapasan dan tulang si kecil.

Nantinya sinar matahari yang hangat akan diserap oleh tubuh si kecil dan mengencerkan dahak sehingga ibu akan lebih mudah untuk mengeluarkannya.

Selain itu masih ada cara mengeluarkan dahak pada bayi lainnya seperti menidurkan bayi dengan posisi yang berbeda.

Baca juga: Inilah Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *