4 Langkah Penggunaan Kalkulator Masa Subur,Efektif !

tipscantikan.com – Kalkulator masa subur menjadi salah satu sarana yang sekarang ini sering digunakan oleh para wanita untuk mengetahui masa suburnya. Perhitungan dengan menggunakan sarana ini dinilai praktis dan sangat mudah untuk dilakukan. Anda tidak perlu susah menghitung masa subur secara manual lagi. Sebab kalkulator yang bisa diakses secara manual bisa memberikan hasil perhitungan secara otomatis. Untuk dapat menerapkan langkah penggunaan kalkulator masa subur maka tidak ada salahnya jika menyimak penjelasan berikut. 

1. Download aplikasi atau temukan di website

Untuk dapat menggunakan kalkulator demi  mengetahui masa subur maka langkah awal yang harus dilakukan adalah melakukan download aplikasi. Download aplikasi bisa dilakukan misalnya di perangkat smartphone yang biasanya digunakan untuk mengakses internet. Atau bisa juga Anda mengunjungi website yang di dalamnya terdapat kalkulator untuk menghitung masa subur. Maka jika telah menemukan website tersebut segeralah masuk ke dalam website untuk bisa menggunakan dan memanfaatkan kalkulator yang tersedia untuk menghitung dan mengetahui masa subur.

2. Masukkan tanggal HPHT

Jika memang Anda telah menemukan aplikasi yang sesuai maka setelah didunduh sebaiknya segera gunakan aplikasi tersebut. Atau bagi siapa saja yang melakukan perhitungan dengan menggunakan kalkulator yang ada pada website sebaiknya juga bisa segera melakukan perhitungan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memasukkan tanggal HPHT atau tanggal Hari Pertama Haid Terakhir. HPHT disini merupakan hari pertama dari haid terakhir yang terjadi di bulan sebelumnya. Untuk itu ibu dan para wanita lainnya setidaknya perlu mengingat kapan tepatnya jatuh HPHT agar nantinya bisa diperoleh hasil hitungan yang cenderung tepat dan akurat. 

Baca Juga : Tips Selama Kehamilan Trimester Kedua

3. Masukkan lama siklus haid rata-rata

Selain tanggal pertama dari haid terakhir rupanya masih ada pula hal lainnya yang juga perlu dimasukkan ke kolom yang tersedia yaitu lama siklus hais rata-rata. Biasanya lama siklus haid ini adalah selama 28 hari. Lamanya hari ini menjadi lama siklus haid rata-rata yang dialami oleh para wanita di tanah air. Jadi lama siklus haid ini dihitung dengan mengacu pada HPHT hingga haid pertama di bulan ini. 

Jika memang lama siklus haid ini telah dicantumkan maka barulah kemudian Anda bisa berlanjut melakukan perhitungan masa subur dengan menggunakan kalkulator digital yang hanya bisa diakses melalui internet tersebut. Namun sebaiknya setiap data tanggal dan lama hari yang dimasukkan ke kolom adalah tepat. 

4. Klik tombol untuk melihat hasil

Setelah memasukkan data berupa HPHT dan lama siklus haid rata-rata maka selanjutnya lakukan klik pada tombol Lihat Hasil. Dengan menekan tombol tersebut maka nantinya Anda bisa melihat hasil perhitungan yang telah dilakukan secara otiomatis oleh aplikasi atau website. Hasil perhitungan ini akan menunjukkan hasil perkiraan masa ovulasi. Atau bisa juga dibilang bahwa hasil yang tampak adalah hasil perkiraan masa subur. 

Dengan menggunakan preferensi hasil perhitungan tersebut, ibu yang ingin memperoleh kehamilan bisa melakukan hubungan seksual di periode yang telah ditentukan melalui hasil perhitungan. Sebaliknya bagi ibu yang ingin mencegah kehamilan, sebaiknya tidka melakukan hubungan seksual di masa ovulasi tersebut. 

Penggunaan Kalkulator masa subur tentu dapat membantu para wanita untuk mengetahui masa ovulasi atau masa suburnya untuk kepentingan apa saja. Namun setiap langkah dalam proses perhitungan menggunakan kalkulator bisa dilakukan secara lebih teliti dan cermat agar tidak sampai terjadi kesalahan hitung. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *