Tips Menjaga Kehamilan Muda

tipscantikan.com – Kabar kehamilan tentu membahagiakan khususnya bagi pasangan yang memang telah lama menanti tanya. Namun jangan terlalu euforia untuk merayakan dan lain sebagainya. Sebab kehamilan usia muda sangat rentan dari berbagai ancaman keguguran. Khususnya pada trimester pertama. Kamu Boleh mengadakan syukuran namun jangan sampai membuat ibu hamil kelelahan.

Di masa kehamilan trisemester pertama yang rentan teguran keguguran, kamu perlu mencukupi asupan nutrisi  kecukupan nutrisi penting agar tetap sehat belum makan kan.

Menjaga Kehamilan

Pentingnya menjaga kehamilan pada trimester pertama penting untuk kondisi si jabang bayi. Meski rasanya tidak enak usahakan untuk tetap mengkonsumsi makanan agar tubuh tidak lemas. Bagaimanapun juga wanita hamil membawa nyawa lain di dalam perut yang perlu di perhatikan asupan makanannya. 

Selain itu berikut ini beberapa tips untuk menjaga kehamilan, sebagai berikut:

Menghindari asap rokok

Jika kamu perokok di masa hamil sebaiknya menghentikan kebiasaan tersebut. Bahkan kamu harus menghindari asap rokok sebab kandungan nikotin dalam rokok berbahaya khususnya bagi janin. Asap Rokok juga dinilai berisiko menyebabkan penyakit asma dan infeksi paru. Karena itu sebaiknya hindari dulu perokok aktif maupun pasif. Setidaknya hingga masa trimester pertama.

Menjaga kehamilan muda dari guncangan

Selanjutnya untuk menjaga kehamilan dari risiko keguguran penting untuk menghindari guncangan pada perut. Sebab guncangan walaupun tanpa biasa saja dapat meningkatkan resiko kontraksi pada rahim. Sebisa mungkin hindari naik motor sebab hal tersebut memicu terjadinya guncangan. Kurangi telat beragam aktivitas fisik yang berat.

Baca Juga: Tips Selama Kehamilan Trimester Kedua

Mengelola emosi dan gejala stress

Selain kesehatan fisik ibu hamil juga harus menjaga kesehatan mental. Termasuk dapat mengelola emosi dan stres. Hal ini tentu tidak mudah dilakukan namun harus diusahakan serta didukung oleh lingkungan yang sehat. Beberapa ibu hamil rentan terkena sindrom baby blues yang dapat mempengaruhi hormon pemicu stres. Stres pada ibu hamil juga berpengaruh pada janin beresiko lahir dengan berat badan di bawah normal.

Memperhatikan asupan nutrisi

Saat hamil kebutuhan asupan nutrisi tidak hanya bagi diri sendiri, melainkan janin dalam kandungan juga memerlukan asupan nutrisi yang cukup. Bagi janin masukkan nutrisi penting untuk tumbuh kembang nya. Namun beberapa ibu hamil mengalami gangguan, seperti cepat mual atau menolak makanan tertentu. Tapi harap diingat jangan sampai kebutuhan nutrisi jabang bayi tidak terpenuhi sebab jadi beresiko mengalami keguguran.

Membatasi aktivitas berat di awal masa kehamilan

Pada masa awal kehamilan sangat penting untuk menjaga dengan baik termasuk dengan membatasi aktivitas. Beragam aktivitas berat dapat memicu guncangan yang berisiko mengalami keguguran. Selain itu berbagai aktivitas dapat mengganggu kondisi kesehatan seperti tekanan darah rendah yang membuat tubuh mudah lelah. Setidaknya tahan berbagai aktivitas berat hingga trimester pertama kehamilan. Jika kamu terbiasa melakukan olahraga, kamu tetap dapat berolahraga namun dengan intensitas lebih sedikit.

Demikian tips menjaga kehamilan muda atau pada trimester pertama. Iya kah kondisi ibu hamil dalam keadaan Fit agar bayi dalam kandungan juga sehat. Lingkungan yang sehat juga sangat penting untuk menjaga kehamilan serta tumbuh kembang janin di dalam tubuh. Gunakan kalkulator kehamilan untuk mengetahui perkembangan janin di dalam perut sesuai dengan usianya. Beragam aplikasi kalkulator kehamilan juga memuat berbagai informasi penting seputar kehamilan dan Parenting. Tinggal pilih mana aplikasi yang paling nyaman untuk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *