Tips Mendapatkan Daging yang Empuk dan Lembut untuk Rawon

Sedang ingin menikmati rawon daging yang enak? Anda bisa coba membuatnya sendiri di rumah, lho. Resep rawon daging saat ini bisa dengan mudah Anda temukan di internet ataupun buku resep masakan. Caranya juga cukup mudah dengan bahan-bahan yang mudah di cari. Namun, jangan asal langsung membuat ya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rawon daging yang Anda masak, tetap terasa empuk, bumbunya pas serta memiliki kuah yang enak. Pada proses perebusan daging menjadi tahap yang penting untuk diperhatikan supaya daging tidak alot. Sebenarnya bukanlah hal yang sulit, Anda hanya perlu menambahkan bahan lainnya saat daging direbus supaya lebih empuk dan lembut.

Tips Merebus Daging Sapi

Rawon daging yang enak, salah satu kuncinya juga terdapat pada dagingnya yang empuk. Anda pasti pernah menemukan rawon dengan daging yang alot saat digigit. Hal yang demikian tentu jadi tidak enak dimakan. Maka coba 3 tahap berikut ini, supaya daging yang sapi yang Anda rebus untuk rawon, menghasilkan tekstur lembut.

1. Menggunakan daun jeruk saat merebus daging tahap pertama
Pertama, cucilah daging sapi hingga bersih. Kemudian direbus dengan ditambahkan daun jeruk. Sebagai perbandingannya, jika Anda menggunakan 500 gr daging sapi maka gunakanlah 3 daun jeruk. Rebuslah daging bersama daun jeruk selama 10 menit. Setelah itu, tiriskan daging.

2. Menggunakan cuka makan pada perebusan kedua
Apabila Anda menginginkan tekstur daging sapi yang lembut untuk rawon, maka setelah daging ditiriskan, rebus kembali dengan air yang baru. Selanjutnya masukkan cuka 2 sendok makan ke dalam air rebusan daging. Tunggu beberapa saat, angkat dan tiriskan daging. Tahap ini bisa menjadikan daging sapi terasa lebih empuk dan lembut.

3. Memasak rawon
Setelah daging melalui dua tahap perebusan tadi, daging sudah matang dan siap dimasukkan untuk rawon. Daging dipotong-potong lebih dahulu, lalu triskan. Selanjutnya masukkan pada bumbu tumis rawon. Lalu ditambahkan air, masak rawon hingga bumbu meresap sempurna ke dalam daging.

4. Agar daging tidak alot
Ada cara lain yang dapat Anda coba supaya daging sapi tidak alot untuk rawon, yaitu menggunakan daun pepaya sebagai pembungkus daging. Cara ini rupanya dapat membuat daging menjadi lebik empuk, sebab pada daun pepaya terdapat getah yang mengandung enzim untuk mengempukkan daging. Getah tersebut akan terserap pada serat daging dan membuat tekstur menjadi tidak alot. Tapi jangan terlalu lama juga membungkusnya, karena dapat mempengaruhi rasa daging menjadi pahit.

5. Penggunaan api yang tepat
Penggunaan api saat memasak daging rupanya berpengaruh pada hasil masakan Anda. Semakin besar api untuk memasak, maka tekstur dagingnya menjadi cepat hancur. Bumbu rawonpun menjadi kurang meresap pada daging. Maka dari itu, sebaiknya ketika memasak daging menggunakan api yang kecil setelah daging berubah warna. Hasilnya daging bisa menjadi lebih lembut serta tidak mudah hancur. Penggunaan api kecil juga dapat membuat bumbu lebih meresap dalam daging, sehingga aroma masakan menjadi lebih harum. 

Nah itu tadi 5 tips yang bisa Anda coba agar bisa menghasilkan daging yang empuk untuk rawon. Resep Apabila Anda mendapatkan daging dari sapi yang baru disembelih, sebaiknya jangan langsung diolah. Sebab menyebabkan daging terasa alot saat dimasak. Biarkan dulu daging hingga beberapa jam, baru kemudian diolah dan direbus supaya dagingnya bisa lebih empuk. 

Baca Juga : Resep Rawon yang Tak Kalah dengan Restoran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *