Kumpulan Ucapan Belasungkawa untuk Orang yang Meninggal

Tipscantikan.com – Apa itu ucapan belasungkawa? Ucapan belasungkawa ini biasanya diucapkan untuk orang yang telah meninggal dunia, atau bentuk ucapan yang dikhususkan bagi keluarga yang yang ditinggalkan.

Memang yang namanya makhluk bernyawa pasti akan mengalami kematian, termasuk manusia. Semua orang pasti akan merasakan yang namanya kematian, tinggal nunggu giliran aja.

Nah, pada saat ada kematian, terutama orang yang meninggal tersebut merupakan seorang tokoh di masyarakat. Banyak ucapan belasungkawa dari teman, kolega sebagai bentuk dukacita atas kematiannya.

Selain itu, ucapan duka cita ini juga dilakukan guna memberikan rasa simpati terhadap keluarga yang ditinggalkan.

Ucapan belasungkawa ini bisa dilakukan secara langsung pada keluarga, atau ditulis pada kartu ucaoan maupun bunga yang dikirim kepada keluarga yang meninggal.

Berikut ini rangkuman kumpulan ucapan belasungkawa untuk yang meninggal dan keluarga yang ditinggalkan:

Baca juga: Cara Melembapkan dan Menghaluskan Kulit Wajah

Ucapan Belasungkawa

  1. “Innalillahi wainna ilaihiraji’un. Saya beserta keluarga mengucapkan turut berduka cita yang sebesar-besarnya, atas meninggalnya sahabat dan saudara kami. Semoga seluruh amal ibadahnya di dunia ini diterima oleh Allah SWT. Serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran atas cobaan yang menimpa ini.”
  2. “Innalillahi wainna ilaihiraji’un.Kami atas nama Bapak dan ibu dari SMA/SMK/MAN/MTs(sebutkan namanya), turut berbelasungkawa atas meninggalnya saudara/murud kami. Semoga semua amal dan perbuatan baiknya di dunia ini, bisa menjadi sebuah keberkahan bagi kita semua. Serta bisa menjadi sebuah wasilah untuk menikmati indahnya surga di atas sana.”
  3. “Innalillahi wainna ilaihiraji’un. Kami atas nama keluarga besar, mengucapkan turut berduka cita yang sebesar-besarnya atas cobaan yang menimpa keluarga(sebutkan namanya). Kami berharap Allah SWT akan selalu memberikan samudra kesabaran dan ketabahan pada keluarga yang ditinggalkan. Semoga sahabat kita ini tetap bersemayam di dalam hati keluarga yang ditinggalkan.”
  4. “Sesungguhnya kita adalah milik Allah, dan hanya kepada Dialah diri kita akan dikembalikan. Semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa almarhum, dan menerima segala amal kebaikannya semasa ia hidup. Semoga kepergiannya tidak menyisakan hutang atau keburukan apapun, dan bagi keluarga yang ditinggalkan semoga selalu diberi ketabahan dan kesabaran.”
  5. “Semoga kita semua bisa mengambil tauladan pada kebaikan yang almarhum lakukan selama hidupnya. Kita simpan saja semua keburukan almarhum semasa hidup, dan tidak perlu diungkit-ungkit lagi.”
  6. “Semoga amal ibadah dan amal sholehnya almarhum diterima oleh Allah SWT, dan semoga almarhum juga diterima di sisi-Nya. Semoga Allah SWT juga mengampuni semua dosa yang pernah ia lakukan semasa hidup, kami sekeluarga turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas kepergian almarhum.”
  7. “Selamat jalan sahabatku, aku akan selalu mengingat semua kebaikanmu, tertawa dan candamu selama kita berteman selama ini. Kami sekeluarga mendoakanmu sepenuh hati dan semoga engkau mendapat tempat terbaik di sisi Allah. Kepada keluarga yang telah ditinggalkan, semoga mendapat ketabahan dalam kondisi sekarang ini.”
  8. “Innalillahi wainna ilaihiraji’un. Turut berbela sungkawa atas tiadanya saudara kami yang sangat kami cintai dan rindukan. Semoga seluruh keluarga yang ditinggalkan selalu diberi ketabahan dan juga kesabaran, janganlah bersedih hingga berkelanjutan. Karena percayalah bahwa Allah akan senantiasa mempertemukan kita kembali dengannya.”
  9. “Innalillahi wainna ilaihiraji’un. Untuk segala sesuatu yang bernyawa, telah Allah berikan batas waktu kepadanya. Bersabarlah atas musibah yang menimpamu ini, karena apa yang Allah tetapkan pasti menjadi ketetapan terbaik-Nya. Allah juga pasti akan memberi hikmah atas semua kejadian yang melanda.”
  10. “Innalillahi wainna ilaihiraji’un. Tak kusangka waktu kepergianmu datang begitu cepat, selamat jalan wahai saudaraku tercinta. Aku selalu berdoa semoga Allah SWT selalu menerima seluruh amal kebaikanmu, dan semoga Allah SWT memililhkan tempat yang paling indah dan menyenangkan. Yaitu Surga-Nya. Aamiin Ya Robbal ‘Alamin.”
  11. “Saya sekeluarga turut berduka cita yang sedalam-dalamnya, semoga amal ibadah alamarhum diterima oleh Allah SWT. Untuk keluarga yang ditinggalkan semoga selalu mendapat kesabaran dan ketabahan yang luas. Aamiin.”
  12. “Semoga Allah mengampuni segala dosa yang telah dilakukan oleh almarhum semasa hidup, dan menerima semua amal baik rekan kita yang telah meninggalkan kita selama-lamanya. Kami keluarga besar turut berbela sungkawa yang sebesar-besarnya.”
  13. “Allah SWT tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan kita sebagai manusia, tetaplah tegar dengan kepergiannya karena semuanya akan indah pada waktunya.”
  14. “Percayalah bahwa Allah SWT tidak akan memberi cobaan kepada hamba yang dikasihi-Nya begitu saja, karena Allah akan memberikan jalan keluar. Maka tabahlah dengan kepergiannya menghadap yang Kuasa.”
  15. “Kami turut berduka cita dan turut berbela sungkawa, semoga kepergiannya ini semakin membuat kita kuat dalam menghadapi hidup dan terus membuat amal kebaikan di dunia.”
  16. “Atas nama kami sekeluarga mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya, semoga almarhum diampuni dan dihapuskan dosa-dosanya, mendaoat tempat terbaik di sisi Allah. Bagi istri, dan putra-putrinya semoga diberi ketabahan selalu.”
  17. “Selamat jalan sahabat baikku, semoga Allah SWT menerima semua amal baikmu dan menempatkanmu di surganya yang terindah. Aamiin Ya Robbal ‘Alamin.”
  18. “Tak terasa air mataku menetes di hari kepergianmu, sungguh aku sangat kehilanganmu. Kamu adalah sahabat terbaikku di dunia. Selamat jalan sahabat semoga amal kebaikanmu menjadi penerang di alam kuburmu.”
  19. “Kuhamparkan sajadah di hari ini untuk mendoakanmu sahabatku, semoga amal ibadahmu diterima oleh Allah dan semoga Allah menempatkanmu di Surga-Nya yang indah.”
  20. “Selamat jalan sahabat kupersembahkan doa ini untukmu, Ya Alah ampunilah dosa-dosaku dan juga dosa-dosa sahabatku. Ya Allah sayangilah aku dan juga sayangi sahabatku, Ya Allah terangi dan luaskan alam kuburnya, dan tempatkan ia di tempat-Mu yang terindah wahai yang Maha Berbelas Kasihan.”
  21. “Dalam khusyuku, aku selalu berdoa semoga engkau selalu diterima di sisi-Nya wahai sahabatku.”
  22. “Begitu cepat kau meninggalkanku sahabat, inilah senandung doaku untukmu. Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadahmu, selamat jalan sahabat semoga seikat doa yang kusenandungkan ini bisa menjadi penerang kuburmu.”
  23. “Selamat jalan sahabat baikku, semoga engkau mendapat tempat terindah di sisi-Nya kini, yaitu di surga-Nya yang sangat indah. Aaminn Ya Robbal ‘Alamin.”
  24. “Sahabat terbaikku kepulanganmu menuju penciptami sungguh terasa cepat, kini kebersamaan yang pernah kita lalui bersama hanyalah meninggalkan sebuah kenangan yang manis. Semoga seluruh amal perbuatanmu diterima oleh-Nya.”
  25. “Percayalah semua cobaan yang Allah beri adalah kulit dari sebuah hikmah kehidupan. Kita boleh bersedih atas semua cobaan itu, tetapi kesedihan itu tidak akan merubah keadaan menjadi lebih baik dan tidak akan membuat sahabat yang telah meninggalkan kita kembali lagi.”
  26. “Sahabat yang telah dulu pergi akan sedih jika kita bersedih atas kepergiannya, maka marilah kita panjatkan doa bersama semoga almarhum dilancarkan untuk menuju pintu surga-Nya.”

Itulah kumpulan ucapan belasungkawa untuk orang yang meninggal, bersedih ataupun orang yang ditinggalkan.

Baca juga: 5 Ucapan Ulang Tahun Untuk Pacar Yang Menyentuh Hati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *