5 Tips Menjalani LDR Langgeng dan Nyaman

Long Distance Relatioship atau biasa disebut LDR merupakan sebuah bentuk hubungan yang membutuhkan kesabaran tinggi dalam menjalaninya. Dalam hubungan asmara antara pasangan membutuhkan rasa percaya diri. Namun namanya hubungan jarak jauh, pastinya akan muncul rasa tidak nyaman dan enggan. Tidak sedikit pasangan gagal membina hubungan asmara karena menjalani LDR. Lalu bagaimana caranya agar hubungan tetap langgeng mesti LDR?

Tips Hubungan Asmara Langgeng Meski LDR
Rasa saling percaya antar pasangan dan sabar sangat diperlukan ketika menjalani hubungan jarak jauh. Tidak semua pasangan bisa bertahan. Jika ada pasangan yang bertahan hingga ke jenjang pernikahan meski berhubungan LDR, mereka biasanya memiliki ikatan yang kuat, usaha serta komitmen besar untuk mempertahankannya.

LDR sering terjadi karena kondisi yang mengharuskan pasangan saling berjauhan. Jika anda menjalani hubungan asmara seperti, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Tips berikut merupakan hal yang sepele dan ringan. Tetapi jika anda tidak menganggap serius, hubungan yang dijalin bisa hancur. Maka agar menjaga hubungan yang langgeng, simak beberapa tips berhubungan LDR di bawah ini.

1.Jaga komunikasi
Hal pertama yang mesti dilakukan ketika menjalani hubungan jarak jauh yaitu menjaga komunikasi dengan pasangan. Jagalah komunikasi anda terjalin terhadap pasangan. Selain menjaga keeratan hubungan, komunikasi berguna untuk menghilangkan rindu pada pasangan. Namun perlu diingat untuk tidak mengganggu aktivitas pasangan.

Lakukan komunikasi yang terbuka dan nyaman pada waktu tertentu. Hindari sering menghubungi pasangan karena ini justru akan mengganggu aktivitas dan membuat pasangan bosan. Pasangan bisa enggan untuk menjawab pesan atau telepon jika anda terus-menerus mengganggunya. Jadi, pilihlah waktu yang tepat saat ingin menghubungi pasangan agar tidak terganggu.

2. Kompromi dan saling pengertian
Kompromi dan saling pengertian merupakan dua hal yang tidak terpisahkan ketika menjalani LDR dengan pasangan. Pahamilah keadaan pasangan. Sebelum pasangan pergi ke luar kota, anda bisa melakukan kompromi kapan waktu untuk video call dan lain-lain. Mengertilah jam sibuk pasangan. Sehingga hubungan tidak akan mudah pecah meskipun komunikasi kurang lancar. Lakukan kompromi dan saling pengertian untuk memahami kesibukan pasangan, serta untuk mengatur seberapa sering komunikasi jarak jauh yang perlu dilakukan.

3. Hindari perdebatan sepele
Salah satu hal mengapa banyak pasangan hancur hubungannya ketika LDR adalah sering memperdebatkan hal-hal yang tidak penting. Maka jika ingin hubungan tetap langgeng hingga jenjang pernikahan, hindarilah perdebatan yang tidak penting. Hindari percakapan yang bisa mengundang konflik. Jika ada perbedaan pendapat saat berkomunikasi, upayakan diri untuk tidak berdebat. Hindari hawa nafsu amarah saat mengobrol dengan pasangan via video call atau telepon.

4. Jalani hidup anda
Ketika LDR, jangan terlalu sering memikirkan pasangan yang jauh dari anda. Anda memiliki aktivitas sendiri, begitu pun pasangan anda. Banyak pria terganggu karena sering dihubungi pasangan wanitanya. Mereka pun butuh jeda, begitu pun sebaliknya. Maka hindari memaksakan kehendak untuk menghubungi pasangan karena rindu. Pasangan memiliki hidupnya sendiri, begitu pun anda. Dari sinilah pasangan LDR belajar untuk tidak egois dan saling memaksakan diri.

5. Sempatkan bertemu langsung
Buatlah jadwal untuk bertemu langsung dengan pasangan. Tidak perlu terlalu sering. Cobalah bertemu semisal 6 bulan sekali atau buat kesepatakan untuk bertemu langsung. Anda tidak boleh terlalu baper ketika bertemu. Mengungkapkan kekesalan boleh dilakukan asalkan tidak berlebihan. Mematangkan komitmen LDR kembali juga perlu dilakukan agar hubungan tetap langgeng meski saling berjauhan.

Demikian itu adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan asmara tetap langgeng dan nyaman meski LDR. Ingat, benahi kembali komitmen dalam berhubungan supaya tidak ada gagal komunikasi yang menyebabkan rusaknya hubungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *